Sabtu, 03 Maret 2012

Hacker Muda dan Underground ?

Sebelumnya tulisan ini semata2 hanya opini pribadi saya atas beredarnya tulisan2 yang mewakili suatu golongan atau komunitas tertentu.

Ada satu tulisan yang menarik perhatian saya, dipublikasikan di http://www.tangselkita.com/berita-1297-cybercrime-dan-tantangan-security-indonesia--respon-pemerintah-dan-perhatian--masyarakat.html oleh saudari nofia ( http://nofiasbigprojects.blogspot.com/ atau http://www.facebook.com/nofiafitri.azriel ). Disini memang saya lihat saudari nofia menggaris bawahi dan mencoba mewakili komunitas underground ( indonesia ? ).

Sebetulnya yang menjadi pertanyaan besar untuk saya adalah, sejauh mana kompetensi, kapasitas dan kapabilitas saudari nofia sehingga bisa menobatkan dirinya sebagai perwakilan dari komunitas underground atau hacker muda.. atau mungkin saya yang salah persepsi, dimana saudari nofia ini memiliki sekumpulan kawan2 hacker yang menamakan komunitasnya "underground" atau "hacker muda".

Menurut pendapat saya, jika saudari nofia ini mencoba untuk mewakilkan aspirasi dari kalangan underground Indonesia secara global, tentunya harus banyak riset dilakukan, bahkan harus mencoba sendiri hidup, bernafas dan mencari makan di ranah underground, sehingga paham akan apa yang terjadi, dan tidak terlalu mudah menggeneralisasikan underground sebagai sekelompok orang yang "bla blu" titik.

Bagi saya pribadi yang memang sehari-hari terlibat dengan aktifitas yang they-always-called hacking menemukan bahwa hacker, hack atau istilah lainnya adalah suatu aktifitas yang kompleks, dimana disana diperlukan pola berpikir, skill, pendidikan, bahkan pengalaman untuk bisa mencapai satu konklusi yang sederhana.
Begitu pun dengan individunya, seiring dengan perjalanan saya sendiri saya banyak menemui individu unik yang berbeda dengan orang kebanyakan, dimana satu individu dengan individu lainnya sulit untuk dibuatkan perbandingan atau degree of comparison karena memang perbedaan field dalam aktifitas hacking tersebut, dimana satu sama lain saling berkaitan serta mendukung keberhasilan suatu proses hacking.
Jadi hacking disini adalah suatu proses panjang yang memang belum semuanya tercatatkan dalam wikipedia karena semakin banyak dieksplorasi, maka akan semakin terbuka kemungkinan2 untuk penemuan teknologi baru di bidang Sekuriti Informasi dengan pelaku hacking yang unik. ;)

Underground adalah suatu sub kultur baru yang tumbuh di sisi lain seiring dengan berkembangnya Teknologi Informasi, khususnya di tanah air. Dan dalam perkembangan masyarakat underground Indonesia sendiri memiliki ciri khas unik yang berbeda dari generasi ke generasi, dari mulai generasi awal kecoak elektronik, sampai ratusan komunitas yang berkembang di tanah air pada era milenium ini.
Dengan kata lain untuk menjadi "wakil" atau "duta" dari kalangan Underground Indonesia anda minimal harus melakukan survey dan riset dari mulai senior sampai newbie, tidak bisa hanya dengan mendengarkan kisah dari satu generasi anda bisa mengklaim bahwa anda adalah wakil dari hacker dan underground dari sisi yang "ethic". :)

Mungkin yang perlu diperbaiki adalah istilah underground serta hacker yang anda gunakan, lebih baik jika anda ganti dengan nama kelompok belajar anda, terkecuali memang jika anda telah menguasai "lapangan" dan tahu apa yang anda hadapi.. :)

sakitjiwa, CEH ECC-27613346

12 komentar:

gmie mengatakan...

Wa CEH sudah loe rif!
Ok go!

Anonim mengatakan...

akhirnya ada yg complain juga mantap rif :D
BabyGore CUIH-31337

adi mengatakan...

Ninggalin jejak di blog mastah ah

ZOelm mengatakan...

Opini yang sangat Masuk Akal .. :D

Anonim mengatakan...

tes komentar.
*hehehehh*

Azam mengatakan...

tulisannya agak berat nih mas..
seluruhnya setuju. terutama bagian masalah Underground.

bahkan harus mencoba sendiri hidup, bernafas dan mencari makan di ranah underground

mantap mas..

btw, selamat buat CEH nya mas.. :D

Unknown mengatakan...

Akhirnya dibahas juga sama om sj- :)
*walopun telat baca :hammer:

sekalian titip jejak di blog mastah aah...~

Unknown mengatakan...

Akhirnya dibahas juga sama om sj- :)
*walopun telat baca :hammer:

sekalian titip jejak di blog mastah aah...~

sqdzn mengatakan...

Akhirnya dibahas juga sama om sj- :)
*walopun telat baca :hammer:

sekalian titip jejak di blog mastah aah...~

Anonim mengatakan...

Roy Suryo Gaya Baru! mengangkat dirinya sendiri! Mending ngangkat rok mbak!

Leo mengatakan...

telat baca nih, mantep bro :D

agen bola sbobet mengatakan...

http://www.cr0security.com/images/techno.jpg -> man tgl 29 dateng sendiri lo kalo emang lo laki2, ketemu gw 4 mata kita bicara baik2 man to man, kalo emang lo laki2 && bukan perempuan.

jangan jadi pengecut / bencong yg beraninya ngumpet2 di seminar orang, dateng sendiri lo kita ketemu 4 mata kita bicarakan baik2 secara jantan antara laki2